Website Profile Dosen UIN Sunan Ampel

DATA PROFILE DOSEN

NIP
196903101999031008
Nama
Drs. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H.
NPWP
26.692.219.4-602.000
NIDN
2010036901
Unit Kerja
Program Studi Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Rumpun Ilmu
AGAMA
Email
imrosyad@yahoo.com
Homepage

Drs. H. Imron Rosyadi, S.H.,M.H. dilahirkan pada Hari Selasa tanggal 10 Maret 1969 di Dusun Glonggongan Desa Sumbertebu Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto dari pasangan suami-istri, H. Ahmad Subhan (alm.) dan Hj. Siti Masyitoh. Anak pertama dari lima saudara ini menempuh pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hidayatul Mubtadiin Dusun Glonggongan lulus tahun 1982. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di SMP lulus tahun 1985. Selama sekolah di MI dan SMP ini, suami dari seorang istri Hj. Malikha Rosyadi ini mengaji sebagai santri di pondok pesantren Sirojut Tholibin yang diasuh oleh KH. Mahfud Zaini. Selama tiga tahun berikutnya (1985-1988), ayah dari empat anak ini belajar di MAN Mojosari sekaligus mengaji di pondok pesantren Darul Hikmah Sawahan Mojosari yang diasuh oleh KH. A. Qusyairi Mansyur (alm.). Pada tahun 1988, Setelah itu, ia merantau ke Surabaya mengikuti kursus Bahasa Arab di Lembaga Pengajaran Bahasa Arab (LPBA) Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya. Selama itu pula, ia mengajar ngaji secara privat dari rumah ke rumah, bahkan ia pernah mengajar di keluarga besar Bapak Warsito Rasman, Wakil Gubernur Jawa Timur. Pada tahun 1989, Cak Imron –demikian ia dipanggil- mendaftarkan kuliah di Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya (1989-1993). Ia pernah mendapatkan beasiswa Supersemar hingga saat ini menjadi anggota Keluarga Mahasiswa Alumni Penerima Beasiswa Supersemar (KMA-PBS). Selama kuliah pula, ia aktif memberikan ceramah agama di beberapa daerah Surabaya. Setelah sebagai sarjana, Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si dan Prof. DR. H. Moh. Ali Aziz, M.Ag mempercayakannya sebagai asisten dosen di almamaternya. Selama dipercaya oleh Prof. Nur Syam, ia melakukan penelitian tentang “Kehidupan Penganut Tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah di Jawa Timur yang berpusat di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang”. Bersamaan dengan posisinya sebagai asisten dosen IAIN, ia juga mengajar di beberapa perguruan tinggi swasta, antara lain: STIT Muhammadiyah Mojosari, Mojokerto dan Universitas Islam Majapahit (UNIM) Mojokerto, dan juga di Universitas Mayjend Sungkono Mojokerto (UNIMAS) pada Fakultas Hukum hingga sekarang. Sejak tahun 2014 ia mengajukan pindah alih fungsi dari tenaga struktural Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menjadi Dosen UINSA Surabaya di Fakultas Syari’ah dan Hukum sebagai Dosen definitif di almamaternya juga. Pengalaman dakwahnya yang paling mengesankan adalah berdakwah di tengah-tengah masyarakat transmigran di Kalimantan Selatan pada tahun 1993. Dia beberapa kali mengikuti studi banding tentang pendidikan dan bisnis ke beberapa Negara Asia.

Buku
  1. Strategi Pemasaran Produk (Seri Keempat Wirausaha Kreatif) (Empatdua Media, Kelompok Intrans Publishing)
  2. Inovasi dan Kreativitas Berbisnis (Seri Kedua Wirausaha Kreatif) (Empatdua Media, Kelompok Intrans Publishing)
  3. Strategi Pemanfaatan Bahan Baku (Seri Pertama Wirausaha Kreatif) (Empatdua Media, Kelompok Intrans Publishing)
  4. Strategi dan Taktik Promosi Produk (Seri Ketiga Wirausaha Kreatif) (Empatdua Media, Kelompok Intrans Publishing)
Jurnal
  1. Strategi Pembelajaran Berbasis Prinsip Pendidikan Islam (Program Studi Pendidikan Agama Islam STIT Raden Wijaya)
  2. Penyelesaian Delik Agama secara Partisipatoris (Menara Tebuireng: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman)
  3. Penerapan Lingkungan Belajar Berbasis Lokal sebagai Media dan Strategi Instruksional Konstruktifistik (Program Studi Pendidikan Agama Islam Stit Raden Wijaya)
  4. Pengaruh Sosial Sosial terhadap Ketentuan Peminangan, Perkawinan, Kawin Hamil, Talaq, dan Ruju'' dalam Kompilasi Hukum Islam (Fakultas Hukum Universitas Mayjen Sungkono)

Hukum Ekonomi dan Bisnis Berbasis Syariah