Website Profile Dosen UIN Sunan Ampel

DATA PROFILE DOSEN

NIP
196705061993031002
Nama
ISA ANSHORI, Dr. M.Si. Drs.
NPWP
14.088.233.3-643.000
NIDN
2006056701
Unit Kerja
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Rumpun Ilmu
ILMU - ILMU SOSIAL
Email
isa_umsida67@yahoo.com, isaanshori67@gmail.com
Homepage

Dr.H. Isa Anshori, Drs., M.Si. Lahir di Lamongan, 6 Mei 1967. Pendidikan bermula dari MIM Karangwungu Lor lulus tanggal 5 Mei 1980, dilanjutkan dengan MTs.M. Bulu Brangsi lulus tanggal 11 Mei 1983, Pendidikan Guru Agama Negeri Bojonegoro lulus terbaik tanggal 1 Mei 1986, gelar Doktorandus (DRS) bidang Pendidikan Agama Islam dari Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya dengan prediket wisudawan terbaik diraih tangal 1 Januari 1991 (lulus Munaqosah tanggal 22 Desember 1990),studi lanjut program S2 dilakukan di program studi Ilmu-Ilmu Sosial Pascasarjana Unair tahun 1994 dan meraih gelar Magister Sains (M.Si.) tanggal 18 Maret 1997, kemudian melanjutkan program S3 pada prodi yang sama pada tahun 2008 dan meraih gelar Doktor (DR) dalam bidang Ilmu Sosial pada tanggal 19 Desember 2011. Profesi sebagai dosen dirintis mulai tahun 1991 hingga sekarang di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan dosen luar biasa di STAIL Surabaya sejak tahun 2000 hingga sekarang, diangkat sebagai PNS guru Madrasah Aliyah Negeri Lamongan tanggal 1 Maret 1993, mutasi sebagai Pegawai UINSA Surabaya tanggal 1 November 2016, kemudian beralih menjadi dosen Lektor Kepala bidang Sosiologi Pendidikan dengan pangkat Pembina Utama Madya (IV/d) pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA Surabaya.Pengalaman mengelola perguruan tinggi dimulai sejak tahun 1998, dimulai dari Kabag Statistik dan Heregistrasi, kemudian menjadi kaprodi PAI 2000-2002, Dekan Fakultas Tarbiyah 2002-2010, Dekan FKIP 2010-2013, Direktur Pascasarjana 2013-2014, dan terakhir Wakil Rektor 1 Bidang Akademik pada tahun 2011-2015 seluruh jabatan tersebut di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Selain jabatan tersebut juga sebagai Asesor BAP-S/M Jatim sejak tahun 2005 hingga sekarang; Asesor PLPG FTK UINSA Surabaya sejak tahun 2010 hingga sekarang. Disamping itu juga pernah menduduki berbagai jabatan di pemerintahan dan masyarakat, diantaranya: Ketua Forum PAUD Kabupaten Sidoarjo, Aggota Dewan Pakar ICMI Orsat Sidoarjo,Koordinator Wilayah III Jawa Timur, BALI, NTT dan NTB Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (APTAIM), Anggota Badan Koordinasi Perguruan Tinggi Agama Wilayah Jawa Timur, dan lain-lain.

Buku
  1. Cendekiawan Muslim dalam Perspektif Pendidikan Islam (PT. Bina Ilmu)
  2. Perencanaan Sistem Pembelajaran (Muhammadiyah University Press)
  3. Masyarakat Santri dan Pariwisata: Kajian Makna Ekonomi dan Religius (Muhammadiyah University Press)
  4. Dinamika Pesantren: Pemaknaan Sosial, Ideologi dan Ekonomi di Kalangan Elite Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press)
  5. DINAMIKA PESANTREN MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA: Perspektif Sosial, Ideologi, dan Ekonomi (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press)
  6. Evaluasi Pendidikan (Muhammadiyah University Press)
Jurnal
  1. Harapan Islam dan Indonesia terhadap Kehidupan Politik pada Era Reformasi (LP2M Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
  2. Dinamika Pesantren: Pemaknaan Elite Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di Kawasan Pesisir dan Pedalaman Utara Kabupaten Lamongan (Pusat Studi Pengembangan Pendidikan Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
  3. Pariwisata dalam Perspektif Ekonomi dan Religius (Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
  4. Modernisasi Pendidikan Islam dalam Pesantren (Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
  5. Menggagas Kepemimpinan Umat Islam dalam Percaturan Dunia (Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
  6. Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Beragama (Pusat Studi Pengembangan Pendidikan Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
  7. Negara, Ideologi, dan Pendidikan dalam Pandangan Antonio Gramsci dan Louis Althusser (Pusat Studi Pengembangan Pendidikan Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
  8. Dinamika Pesantren Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di Kawasan Pesisir dan Pedalaman Pantai Utara Kabupaten Lamongan (Cakrawala Jurnal Litbang Kebijakan : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur)
  9. Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah (Halaqa: Islamic Education Journal)
  10. Sistem Kredit Semester (SKS) dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi penerapan di MAN Lamongan) (Cendekia: Jurna Pendidikan dan Humaniora ISSN 2598-2419)
  11. Studi tentang Desain Penelitian: Investigasi Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa SD Menggunakan 3Dmetric (Design research, investigation, spatial reasoning, 3Dmetric media)
  12. Penerapan Nilai Budaya Kerja: Peluang dan Tantangan bagi Peningkatan Kinerja Madrasah (CENDEKIA: Jurnal Pendidikan dan Humaniora ISSN 2598-2419)
  13. MELACAK STATE OF THE ART FENOMENOLOGI DALAM KAJIAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN (Halaqa: Islamic Education Journal 1 (2), Desember 2018, 11-22 ISSN 2503 – 5045 (online )
  14. Analisis Kritis Terhadap Anatomi Teori Strukturalisme Claude Levi-Strauss (Larangan Incest dalam Sistem Pernikahan dan Kekerabatan, Serta Relevansinya dengan Pendidikan Islam) (Halaqa: Islamic Education Journal 3 (1), Juni 2019, 1-6 ISSN 2503 – 5045 (online))
Seminar/Conference
  1. "Budaya Malu" dan Etos Kerja dalam Pencapaian Visi dan Misi Lembaga Pendidikan (Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
  2. PERILAKU MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN: Prespektif teori Rational Choice dan Bounded Rational (Behavior Choosing, Educational Institutions, Public Pupils)

  1. Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di M.Ts.N Prigen, Pasuruan -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2015-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  2. Implementasi Rencana Kerja Madrasah pada MI Ma'arif NU Pucang Sidoarjo -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2015-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  3. Implementasi MGMP sebagai Upaya Peningkatan Mutu Guru Mata Pelajaran Al Quran Hadits di MI Ma'arif NU Pucang Sidoarjo -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2015-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  4. Kesiapan Madrasah dalam Memenuhi Standar Isi K13 (Studi kasus di MI Kecamatan Kota Sidoarjo) -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2015-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  5. Peran sosial dalam meningkatkan prestasi belajar PI di SMK PGRI Pasuruan -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2015-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  6. Implementasi Sistem Fullday School di SD Muhammadiyah 8 Surabaya -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  7. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru di SD Hidayatul Ummah Surabaya -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  8. Pengaruh Pendidikan dan Dorongan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Anak di MI Ribath Darut Tauhid Surabaya -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2013-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  9. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sarana dan Prasarana di SMP 2 Socah, Bangkalan, Madura -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2014-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  10. Efektivitas Penggunaan Rapor Online Pada Penilaian Hasil Belajar di SD Luqman Al Hakim Surabaya -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2016-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  11. Strategi Pembentukan Karakter Islami siswa di SD Muhammadiyah Bondowoso -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2016-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  12. Strategi Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SDI Terpadu al Uswah Surabaya -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2015-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  13. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2017-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  14. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Sistem Pendidikan Integral di MI Alam Hidayatullah, Malang -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2017-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  15. Tesis, MODEL PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL JOMBANG. -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2018-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  16. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Al-Islam kelas 7 SMP Muhammadiyah 3 Waru -Jurusan Pendidikan Islam-2018-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  17. Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Sidoarjo -Jurusan Pendidikan Islam-2018-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  18. Strategi Humas dalam Memanfaatkan Media Sosial untuk pemasaran Sekolah di SMP Luqman Al Hakim Surabaya -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2018-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  19. Strategi Kepala Sekolah dalam Memotivasi dan Meningkatkan Kinerja Guru SMP Luqman Al Hakim Surabaya -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2018-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  20. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Homeschooling di Pendidikan Khusus dan Lembaga Khusus (PKLK) Lentera Fajar Sidoarjo -Jurusan Pendidikan Islam-2018-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  21. STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP BILINGUAL TERPADU JUNWANGI- KRIAN -Jurusan Pendidikan Islam-2018-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  22. Kreatifitas guru Profesional dalam menngkatkan motivasi belajar siswa di SMP Putri Lukman Al Hakim urabaya -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2019-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  23. EFEKTIVITAS REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMPIT AR-RAYYAN SURABAYA -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2019-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  24. PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN KINERJA MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDIT AR-RAYYAN SURABAYA -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2019-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  25. Implementasi Sistem Informasi Pendidikan Muhammadiyah (SIDIKMU) Pada Era 4.0 Di SD Muhammadiyah 1 Krian -Jurusan Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  26. Remodeling Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbasis Riset untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Fiqih di MI AT-TAQWA Kebonagung, Sidoarjo -Jurusan Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  27. Efektivitas Pembelajaran Tafsir Al-Qur’an dalam Meningkatkan Pemahaman dan Penerapan Isi Kandungan Al-qur`an di LKSA PUTRI AISYIYAH SIDOARJO -Jurusan Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  28. REMODELLING PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS RISET DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI JIMBARAN WETAN -Jurusan Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  29. Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Islami Siswa di SD Muhammadiyah 1 Sioarjo -Jurusan Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  30. Efektifitas Peemilihan Diksi Kepala Sekolah dalam peningkatan Kualitas Kinerja Tenaga Pendidik di TK Insan Mulia Driyorejo: Perspektif Jacgues Derrida -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  31. Penerapan Total Quality Maangement (TQM) dalam Program Peningkatan Karakter Islami Siswa -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  32. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Morning Spiritual Gathering (MSG) di SMP Muhammadiyah 2 Taman sidoarjo -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  33. Strategi Komunikasi Kepala Sekolah dalam Pembentukan Karakter Kelembagaan Pendidikan Islam melalui Pembudayaan Bahasa Inggris -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  34. PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD ASH-SHIDDIQIYAH TANGGULANGIN SIDOARJO -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  35. STRATEGI MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN ISLAMI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  36. PEGEMBANGAN MEDIA AFEKTIF BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PESERTA DIDIK DI SMK NURUL HUDA -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  37. Pengaruh Kepribadian Islami terhadap Etos Kerja Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Lingkungan Dunia Usaha/Dunia Industri -Prodi Manajemen Pendidikan Islam-2020-Pembimbing Utama (Main Supervisor)

Sosiologi Pendidikan