Website Profile Dosen UIN Sunan Ampel

DATA PROFILE DOSEN

NIP
197809282005012002
Nama
Dr. Umi Hanifah, M.Pd.I
NPWP
35.832.787.2-617.000
NIDN
2028097802
Unit Kerja
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Rumpun Ilmu
AGAMA
Email
umihanifah78@yahoo.com
Homepage
umihanifah@uinsby.ac.id

Umi Hanifah, S.Ag., M.Pd.I. Lahir di Kota Bojonegoro Jawa Timur. Putri dari KH. Ahmad Thoha Shiddiq dan Hj. Siti Rahmah Umar. Menempuh jenjang Pendidikan Dasar di MI Islamiyyah Bulaklo Balen Bojonegoro-lulus pada tahun 1991 dan di MTs Pondok Pesantren AT-Tanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro-lulus pada tahun 1994. Adapun jenjang Pendidikan Menengah ditempuh di MA Pondok Pesantren AT-Tanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro-lulus pada tahun 1997. Kemudian menempuh Pendidikan S1 di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya-lulus pada tahun 2001. Selanjutnya menempuh Pendidikan S2 (dengan Beasiswa Prestasi) Konsentrasi Pendidikan Islam di Program Pasca Sarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya-lulus pada tahun 2004. Pada tahun 2015, Yang bersangkutan pernah dikirim ke Jerman untuk mengikuti TOT e-learning dan e-teaching bahasa Arab pada Leipzig University Jerman dan sekaligus melakukan penelitian kolaboratif (antara dosen PBA FTK UINSA dan dosen Leipzig University Jerman) dengan tema "Pendekatan Integratif antara e-Learning dan e-Teaching Bahasa Arab di Leipzig University dan di Perguruan Tinggi Negeri Islam di Indonesia", selama kurang lebih satu bulan. Yang bersangkutan menikah pada Agustus 2005 dengan H. Sa’id Umar, Lc., MH.I dan dikaruniai 1 Putri dan 1 Putra. Sabrina Nayla al-Haqq Hilwana Said (Hilwa), dan Robbach Maulana Said (Robbach). Setelah hampir 14 tahun, Yang bersangkutan baru melanjutkan study pada S3 di Program Doktoral Prodi Studi Islam UIN Sunan Ampel Surabaya pada tanggal 1 September 2018 dan lulus pada 23 April 2021 (terhitung masa studi 2 tahun 6 bulan 23 hari), dan berhasil meraih predikat cumlaude (IPK 3,84). Yang bersangkutan pernah menjadi Dosen Bahasa Arab Intensif Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel pada tahun 2003 s/d 2012, pernah menjadi Sekretaris Program Bahasa Arab Intensif Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel pada 2008 s/d 2011, dan menjadi Dosen Tetap (PNS) pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel sejak tahun 2005 sampai dengan sekarang. Selama menjadi dosen tetap di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel, Yang bersangkutan pernah menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun 2009. Yang bersangkutan juga pernah menjabat sebagai anggota (termuda) Senat Akademik UIN Sunan Ampel Surabaya-sebagai Sekretaris Komisi Pendidikan periode 2014-2018. Kemudian Yang bersangkutan menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa (PB) di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya periode 2018-2022. Yang bersangkutan pernah menjadi Editor in Chief Jurnal Nun wal Qalam Pada 2013-2014, dan menjadi Editor In Chief Jurnal Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya sejak 2018 sampai dengan sekarang (2021). Selain itu, Yang bersangkutan juga menjadi reviewer pada Jurnal At-Tajdid STIT ISMUH Pacitan sejak 2016 sampai dengan sekarang (2021) dan Reviewer Jurnal Alsuna IKHAC Mojokerto sejak 2018, dan Yang bersangkutan tercatat sebagai Asesor BKD (beban Kinerja Dosen Bahasa Arab) pada Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya sejak tahun 2018.

Jurnal
  1. UPAYA INTEGRASI DIKOTOMI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah atas Pemikiran Islamisasi Ilmu Pengetahuan Isma’il Raji al-Faruqi) (NIZAMIA JURNAL FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN AMPEL)
  2. The relationship between the Arab and Proficiency ''in Prayer (Nun Wa al-Qalam Jurnal Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel)
  3. Musykilat Amaliyah al-Tarjamah al-Syafahiyah Min al-Lughah al-Arabiyah ila al-Lughah al-Indunisiyah (DINAMIKA JURNAL STAI BAHRUL ULUM JOMBANG)
  4. Efektifitas Penerapan Metode Power Point Dalam Pembelajaran Qawaid (Fa’aliyah Istikhdam Wasa’il Mikrosoft Power Point Fi Tarqiyyati Nata’ij Ta’allumi Qawaid al-Lughah al-Arabiyah) (Nun Wa al-Qalam Jurnal Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel)
  5. Islamisasi Ilmu Pengetahuan dalam Transformasi IAIN Menuju UIN (Jurnal Al-TAJDID: Jurnal Ilmu Tarbiyah STIT Pacitan Volume 1 No. 1, Januari 2012. )
  6. Dikotomi Sistem Pendidikan Islam (Upaya Mencari Penyebab dan Solusinya) (JURNAL PROGRESIVA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam UMM )
  7. Ahammiyah al-Al’ab al-Lughawiyah fi al-Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah (Jurnal Al-TAJDID: Jurnal Ilmu Tarbiyah STIT Pacitan)
  8. Thariqah al-Qawa’id wa al-Tarjamah fi Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah wa Tathbiiquha (JURNAL NUN WA AL-QALAM: Jurnal Jurusan PBA Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Ampel )
  9. Profesionalisme Dosen Bahasa Arab dalam Penggunaan Media Pembelajaran (STIT Muhammadiyah Pacitan)
  10. Kurikulum 2013 dan Implementasinya di Madrasah (Lembaga Kajian Agama, Sosial, Budaya dan Filsafat )
  11. Istikhdam Aflam al-Kartun al-Arabiyah fi Ta''''''''''''''''lim al-Maharah al-Istima'''''''''''''''' (Jurnal Nun Walqalam Prodi PBA FTK UIN Sunan Ampel Surabaya)
  12. Pentingnya Buku Ajar yang Berkualitas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab (Jurnal at Tajdid STIT Muhammadiyah Pacitan)
  13. Syu''''ubat Ta''''lim ''''amaliyah al Tarjamah. Al Syafahiyah min al Lughah al Arabiya ila al Lughah al Indunisiyah (Jurnal Nun wal Qalam Prodi PBA FTK UIN Sunan Ampel)
  14. Penerapan Model PAIKEM dengan Permainan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab (INISMU PACITAN)
  15. Optimalisasi Pengelolaan Bank Sampah untuk Mengurangi Volume Sampah Non Organik Sekaligus Menghasilkan Nilai Ekonomis bagi Masyarakat Kelurahan Krajan (KOPERTAIS IV SURABAYA)
  16. AHAMMIYAH TA''''LIM AL-LUGHAH AL-ARABIYAH AL-ILIKTRONIYAH FI ASHRI JAUL AL-ALFIYAH fI INDONESIA ( At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah)
  17. Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Konsep Integrasi Keilmuan di Universitas-Universitas Islam Indonesia (Tarbiyah Departmen State Islamic Institute of Madura (IAIN MADURA))
  18. PENGEMBANGAN LITERASI BERBICARA BAHASA ARAB (MAHARAT AL-KALAM) DI MADRASAH (IAIN KUDUS)
  19. TRANSFORMASI SOSIAL MASYARAKAT SAMIN Di BOJONEGORO (Analisis Perubahan Sosial dalam Pembagian Kerja dan Solidaritas Sosial Emile Durkheim) (UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
  20. Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa dalam Menyusun dan Mengembangkan RPP melalui Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran (UIN RADEN INTAN LAMPUNG)
  21. Penggunaan Metode SQ3R untukmeningkatkan Maharah Qira''''ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab (IAIN TULUNGAGUNG)
  22. Urgensi Pembelajaran Menerjemah Arab-Indonesia Pada Perguruan Tinggi Agama Islam Di Indonesia (PBA UIN SUNAN AMPEL)
  23. Dirasah Tahliliyah an Taqdimi Mawad al-Lughah al-Arabiyyah bi al-Nadhariyyah Saibernetic fi al-Shaff al-Ashir biMadrasah al Aliyah al-Mutawaffiqah Dar al-Ulum Jombang (PBA UIN SUNAN AMPEL)
  24. Fa''''aliyah Istikhdam Lu''''bah Silsilah al-Qishahs Ka al-Wasilah al-Ta''''limiyyah Litarqiyyah Maharah al KItabah bi Madrasah Sunan Kali Jaga Al _ Tsanawiyyah al- islamiyyah Surabaya (ALFAZUNA PBA UIN SUNAN AMPEL)
  25. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19 (EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI)
  26. Peran Edukasi Orang Tua terhadap PHBS AUD selama Masa Pandemi Covid-19 (Musamus Journal of Primary Education UNIVERSITAS MERAUKE)
  27. Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Diversifikasi Olahan Makanan Berbahan Dasar Jagung di Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan (ENGAGEMENT Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) -2020-11-27
  28. Thathbiq al-Taqyim al-Waqi’i bi al-Manhaj al-Dirasi 2013 Fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah (Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab IAIN Curup)
  29. Ahdafu Ta’limi al-lughah al ‘arabiyyah fi manhaji alfain wa tsalatsata ‘asyara (dirasah tahliliyah ‘ala ma’ayir ‘alamiyah: aurubiyyah wa amrikiyyah) (2013 Curriculum, Indonesia and the West, Learning Arabic, Learning Objectives)
  30. TATHBIQ WASILAH AL-TA''LIM POWTOON FI TARQIYYATI MAHARAH AL-QIROAH (Learning Media, Powtoon, Reading Skills,)
  31. Peran Orang Tua dalam Membantu Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19 (PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran)
Buku
  1. EDITOR - Buku Al- Arabiyah Li-Al-Thalabah Jilid 1” : Buku Panduan untuk Mata Kuliah Bahasa Arab Intensif IAIN Sunan Ampel (IAIN Sunan Ampel)
  2. Editor “Buku Al- Arabiyah Li-Al-Thalabah Jilid 2” : Buku Panduan untuk Mata Kuliah Bahasa Arab Intensif IAIN Sunan Ampel (IAIN Sunan Ampel)
  3. Media Pembelajaran Bahasa Arab (al-Wasa’i al-Mu’inat li al-Ta’lim al-Lughah al- Arabiyah) (Buku Referensi) (PMN Suabaya)
  4. Buku Ajar: al-Madkhal ila Thuruq Tadris al-‘Arabiyah li al-Indunisiyyin (IAIN Sunan Ampel dan IDB)
  5. Buku Ajar: Metode Terjemah (Teori Penerjemahan Arab -Indonesia) Berdasar SK Dekan: In.02/1/PP.00.9/2580/XII/2013 (Dwi Putra Pustaka Jaya dengan ISBN: 978-602-7761-75-9)
  6. al-Kitab al-Muqarrar Li Maharah al-Istima'''''''' li al-Asatidz fi al-Madrasah al-Tsanawiyah (al-Kitab; al-Istima'''''''')
  7. Buku Panduan Model Pembelajaran Inovatif Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum 2013 (Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel dengan ISBN: 978-602-71373-9-4)
  8. al-Madkhol ila Thuruq Tadris al-Lughah al-Arabiyah li al-indunisiyyin (IAIN Sunan Ampel Press)
  9. Modul Pelatihan Pengembangan Program Literasi dengan Pendekatan ABCD (Kanzum Books, Sidoarjo dan UIN Sunan Ampel)
Seminar/Conference
  1. The The Prominence of Creating Language Environment in Developing Arabic and English Speaking Skills in Islamic Universities (Atlantis Press)
  2. Tatbiq Thariqah Shuwar wa al-Shuwar fi Ta''lim Maharah al-Kalam (PBA UIN SUNAN AMPEL)

Agama, Ilmu Sosial, Pendidikan Islam dan Pendidikan Bahasa Arab