Website Profile Dosen UIN Sunan Ampel

DATA PROFILE DOSEN

NIP
196803122005011003
Nama
Dr. H. Abd. Muqit, M.Pd.I
NPWP
78.082.292.0-656.000
NIDN
2012036802
Unit Kerja
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Rumpun Ilmu
AGAMA
Email
h.abd.muqit@gmail.com
Homepage
UIN Sunan Ampel Surabaya

Pendidikan sejak MI sampai MA dan S1 ditempuh dan diselesaikan di PP. Salafiyah Syafi''iyah Sukorejo-Situbondo. Pada saat menyesaikan pendidikan S1 mengikuti penididkan Kader Ahli Fikih dan Ushul Fikih di Ma''had Aly Salafiyah Syafi''iyah Sukorejo, selesai di Ma''had Aly Sukorejo mengikuti Pendidikan Kader Ulama MUI Pusat Jakarta tahun 1998-1999. Pendidikan S2 di UNIMA Malang, lulus tanggal 25 Agustus 2003. Diterima sebagai Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya pada tanggal 27 Desember 2004. Pendidikan S3 dengan konsentrasi PAI di UIN Sunan Ampel Surabaya, sebagai wisudawan terbaik pada tanggal 24 November 2018.

Jurnal
  1. Paradigma pendidikan Sistemik-Organik Sebuah Upaya Inovatif dlm Pendidikan (LISAN AL-JAL IBRAHIMY SUKOREJO)
  2. Desain Strategi Menuju Capaian Pembelajaran (JPII Pascasarjana UINB Sukorejo)
  3. Perbandingan Pendidikan Islam (Peretas Tradisi-Akut Pendidikan Islam) (LISAN AL-JAL IBRAHIMY SUKOREJO)
  4. Profesionalisme Kiai dalam Pengeloaan Pesantren dalam Konteks Kemodernan (JPII Pascasarjana UINB Sukorejo)
  5. Pendidikan Agama, antara Kesejahteraan Duniawi dan Kebahagiaan Ukhrawi (UIM Pamekasan Madura)
  6. Sistem, Paradigma & Dinamika Pesantren sebagai Pendidikan Islam Alternatif (JPII Pascasarjana UINB Sukorejo)
  7. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Alquran-Hadist Pada Pokok Bahasan Materi Infaq dan Sedekah Kelas VIII MTs (Fakultas Tarbiyah, Universitas Ibrahimy)
  8. Pembelajaran PAI Berbasis HOTS di Era Pandemi Covid-19: Implementasi dan Tantangan Bagi Guru PAI (Fakultas Tarbiyah, Universitas Ibrahimy )
  9. Manajemen Pembiayaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Pascasarjana Yudharta Pasuruan)
  10. Ontologi Epistemologi dan Aksiologi Pendidikan Pesantren Pada Era Modern (Financing Management, Quality of education.)
  11. Jurna Inter, Vitality of Educators'' Work in Counteracting Students'' Immoral Behavior: The Study of Nafs, Qalb and Aql Approaches and Their Theoretical Implementation (International Journal of Academic Multidisciplinary Research (IJAMR))
  12. Implementation of the Islamic Religious Education Learning Methods Innovation in the New Normal Era (New Normal Era; Learning Method Innovation; Islamic Religious Education )
  13. CONSTRUCTING MILLENIAL STUDENT DISCIPLINE CHARACTER THROUGH AWARDING REWARD-STICKER (Journal Visipena)
  14. THE FORMATION OF PANCASILA STUDENT PROFILE IN STUDENT INDEPENDENT DIMENSIONS THROUGH PEER TUTOR IN PAI LEARNING (PAI, Pancasila Profile, Independent)
  15. Desain Baru Dalam Menangkal Radikalisme Agama Melalui Pembelajaran Fiqh Multi Madhab di Mahad Aly Situbondo (Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam)
Buku
  1. Studi Kebijakan Pendidikan Agama Islam (CV. Nakomu)
  2. Spektrum Pendidikan Islam Meneropong Konsep Pendidikan Berilian (Pendidikan Islam, konsep pendidikan)
  3. PANDUAN, DO’A DAN DZIKIR MANASIK UMRAH (Yayasan Al-Fatah)
  4. Spektrum Pendidikan Islam Meneropong Konsep Pendidikan Berilian (Yayasan Al-Fatah)
Seminar/Conference
  1. Desain Baru dalam Menangkal Radikalisme Agama Melalui Pembelajaran Fiqh Multi Madhab di Mahad Aly Situbondo (AICIS 2023)
  2. analysis of students'' understanding of mathematical concepts in the Faraid calculation using modulo arithmetic theory (AIP Conference Proceedings)
  3. Resilience of Fiqh Specialist Islamic Boarding Schools in the Puddle of Radical Offensive and Bias-Interpretation of Islamic Law (Pascasarja UINSA Surabaya)

  1. PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KEMANDIRIAN SISWA MELALUI TUTOR TEMAN SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN NEGERI 26 SURABAYA -Jurusan Pendidikan Islam-2023-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  2. PROGRAM KECAKAPAN PENERAPAN IBADAH (KPI) SEBAGAI AKTUALISASI PEMBINAAN AKHLAK DAN IBADAH SISWA PADA ERA DISRUPSI DI SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN -Jurusan Pendidikan Islam-2022-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  3. Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Pesantren pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sma Al Huda Boarding School Tuban -Jurusan Pemikiran Islam-2023-Pembimbing Utama (Main Supervisor)
  4. Upaya Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Berfikir Kritis Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Peer Lesson di MTs Billingual Sidoarjo -Jurusan Pendidikan Islam-2023-Pembimbing Utama (Main Supervisor)

Menulis, mengajar dan mengabdi pada masyarakat